Pengertian Manajemen Strategi

Pengertian Manajemen Strategi

Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan atau sasaran.

Strategi adalah penggunaan sumber daya  untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai (untuk menghadapi musuh/lawan).

Manajemen strategi merupakan seni ilmu penyusunan, penerapan dan pengevaluasian keputusan yang berfokus pada proses penetapan tujuan organisasi atau perusahaan.

Jadi, hal penting dalam manajemen strategi adalah dengan danya suatu planning. Dan dalam perencanaannya harus mempunyai sub pendukung, seperti:

  • Proses Pendukung
  • Pengambilan Keputusan
  • Mencapai Tujuan
  • Evaluating



Pengertian Manajemen Strategi menurut para ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu manajemen pernah menjelaskan tentang definisi manajemen strategis, diantaranya adalah:

1.  J. David Hunger, Manajemen strategi adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama.

2. Thomas Wheelen and Co (2010), Adalah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan tersebut termasuk perumusan atau perencanaan strategi, pelaksanaan atau implementasi strategi, dan evaluasi.

3. Nawawi, Adalah sebuah perencanaan berskala besar yang berorientasi untuk mencapai tujuan masa depan, dan didefinisikan sebagai sebuah keputusan yang fundamental.

Perancanaan tersebut memungkinkan organisasi untuk menjalankan misi dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu, (perencanaan operasional untuk menghasikan barang dan atau jasa serta layanan) kualitas, dan optimasi yang diarahka pada pencapaian tujuan strategis organisasi.

4. Bambang Haryadi (2003), Adalah sebuah proses yang disusun secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, dan melakukan evaluasi terhadap strategi yang dijalankan. Semua rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi.

5. Mulyadi (2001), Adalah sebuah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk merumuskan dan melaksanakan strategi dalam penyediaan costumer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi.

Jadi, pada intinya definisi manajemen strategi merupakan suatu tindakan perencanaan dan pengaturan strategi yang efektif yang dilakukan agar tujuan bisnis tercapai dan tentunya bisnis bisa berlangsung dalam waktu yang lama.


Tujuan Manajemen Srategi:

1. Memberikan Arah dalam Mencapai Tujuan.
Seperti yang sudah disinggungkan dalam pengertian manajemen organisasi diatas bahwa manajer berperan untuk mengarahkan semua pihak dalam hal ini seumber daya perusahaan untuk melakukan kegiatan  yang mengarah pada tujuan perusahaan. Arah kegiatan yang jelas harus menjadi landasan untuk mengendalikan dan mengevaluasi keberhasilan.

2. Menjaga Kepentingan Berbagai Pihak.
Manajer dalam menyusun strategi dengan mempertemukan kebutuhan masing-masing pihak seperti supplier, karyawan, pemegang saham, perbankan, dan juga masyarakat secara luas. Komponen tersebut berperan dalam berhasil atau tidaknya kebijakan yang dibuat.

3. Mengantisipasi Setiap Perubahan Secara Merata.
Dengan adanya manajemen strategis memungkinkan para eksekutif untuk mangantisipasi perubahan serta menyiapkan pedoman untuk pengendalian. Tujuannya untuk memperluas kerangka berfikir secara perspektif.

4. Berkaitan Dengan Efektivitas dan Efisiensi
Manajer strategi bertanggung jawab tidak hanya untuk mengkonsentrasikan kemampuan diatas kepentingan efesiensi melainkan juga memiliki perhatian yang serius terhadap sumber daya untuk bekerja keras dengan melakukan pekerjaan secara efektif.


Pada pelaksanaannya tujuan manajemen strategis adalah sebagai berikut:


  • Untuk mengimplementasikan dan melakukan evaluasi strategi yang telah dipilih secara efektif dan efisien.
  • Bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, melakukan koreksi, dan penyesuaian jika ditemukan penyimpangan dalam implementasi strategi.
  • Untuk membuat strategi baru yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal
  • Bertujuan untuk meninjau ulang kekuatan dan kelemahan organisasi, melihat peluang dan ancaman dalam bisnis.
  • Agar organisasi dapat berinovasi atas produk atau layanan sehingga bisa terus diterima oleh konsumen.
Sumber: Materi diambil dalam mata kuliah Manajemen Strategi oleh dosen pengampu Dodo Mustakid, M.Pd

No comments

Powered by Blogger.