Liga Vietnam Akan Menggunakan Var! Yakin Liga Indonesia Pakai VAR?

Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan oleh Vietnam. (Foto: Matthew Childs/Reuters)
Sumber: https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-4512706/vietnam-akan-pakai-var-indonesia-kapan
Liga Indonesia memanglah sedang mengalami permasalahan yang cukup berat, mulai dengan pengaturan skor, jadwal liga yang masih belum sesuai jadwal FIFA hingga mafia-mafia yang menjadi ladang di persepakbolaan masih terus menghantui setiap saat. Namun rasa optimisme untuk perubahan lebih baik masih cukup lebar peluangnya, hal ini mengaca pada tim pemberantas mafia yang terus mengulik siapa saja yang terlibat dan menjadi dalang dalam mafia persepakbolaan tanah air, belum lagi rasa gengsi atas liga tarkam yang berada di Bandung yakni Bandung Super League, yang dimana liga tersebut walaupun Liga tarkam akan tetapi berasa profesional, hal ini seperti penggunaan VAR (Video Assistant Referee) dan administrasi yang sangat ketat aturannya. Maka perubahan lebih baik pada Liga Indonesia tidak menutup kemungkinan akan terwujud.

Konon liga-liga Asia Tenggara memanglah sudah berencana menggunakan VAR untuk menunjang hasil keputusan wasit agar lebih adil di dalam lapangan, seperti halnya Vietnam yang sudah memasuki paruh musim dan pada musim kedua akan menggunakan VAR.

Presiden Vietnam Professional Football (VPF), Tran Anh Tu, telah mengonfirmasi penggunaan VAR di Liga Vietnam. Namun kabarnya ada dua opsi dalam penerapan VAR di Liga Vietnam.
Opsi yang pertama adalah membangun pusat VAR di Hanoi, kota ini mempunyai fasilitas dan koneksi yang cukup baik untuk menerima sinyal dari stadion. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan cukup mahal yakni sekitar 644.000 Dolar hingga 688.000 Dolar Amerika dalam setahun dan juga tidak mudah untuk menjangkau tempat yang sangat jauh seperti kota Pleiku.

Opsi yang kedua adalah melengkapi mobil dengan segala fasilitas VAR jika pergi ke stadion. Dan untuk harganya pun lebih murah dari opsi yang pertama, yakni kisaran 258.000 Dolar Amerika atau setara dengan Rp 3,6 Miliar.

"VPF memilih opsi kedua karena lebih mobile. Kami telah membeli minivan dan akan menandatangani perjanjian dengan perusahaan profesional untuk memasang semua peralatan pada mereka," kata Tu.

"Setidaknya dua pertandingan akan menggunakan VAR dalam satu pekan, selama venue tidak terlalu jauh antara satu sama yang lainnya. Dan semua peralatan yang digunakan harus memenuhi standar FIFA sebelum digunakan dalam pertandingan resmi," sambungnya.

Jika Liga Vietnam saja sudah melaksanakan penggunaan VAR, bagaimana dengan Liga Indonesia?.
yah, bisa dikatakan untuk saat ini memang belum bisa dilaksanakan, dikarenakan konon kabarnya PSSI sedang terlilit utang senilai Rp 4,5 Miliar. Dan belum lagi tertangkapnya Plt ketum PSSI, Joko Driyono yang membuat PSSI tanpa ketua umum, tentunya memang saat ini sangat mustahil jika Liga Indonesia menggunakan VAR.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Liga Vietnam Akan Menggunakan Var! Yakin Liga Indonesia Pakai VAR?"