Mengenal Olahraga Futsal

Sumber: https://www.kolakaonline.com/wp-content/uploads/2019/02/Futsal-750x450.jpg
Futsal merupakan olahraga yang sangat hits di era milineal ini. Futsal sejatinya di permainkan oleh kaum lak-laki, akan tetapi beberapa belakangan ini sedang maraknya pemain futsal juga di gandrungi oleh kaum perempuan, baik didalam klub amatir hingga tim Nasional di berbagai negara, contohnya adalah Timnas Futsal Indonesia putri, Citra Adisti contohnya.

Pada umumnya olahraga Futsal dipermainkan bergrup, yang dimana masing-masing grup atau pemain terdiri dari lima orang, yaitu sebagai Kiper, Ancor, Flank, Flank dan Pivot. Dalam tujuan permainan Futsal ini tetap sama seperti sepakbola, yakni mencetak goal sebanyak-banyaknya ke tim lawan. Namun, tentu saja dalam permainan olahraga Futsal ini sangat berbeda dengan sepakbola, contohnya adalah dalam ukuran lapangan, bola, aturan permainan, skema permainan, dan banyak lagi perbedaan yang lainnya.

Sejarah

Dalam sejarahnya olahraga Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan olahraga Futsal ini mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama di negara Brasil.

Brasil sangat serius dalam olahraga Futsal ini, sehingga perkembangan ini brasil terus menjadi pusat Futsal Dunia, dan di naungi oleh FIFA (Federation de Football Association).
Bintang Brasil yakni pemain legendaris, Pele dalam karir sepakbolanya merupakan pemain bintang Dunia yang sudah diakui prestasinya, namun bila kita mengulik masa-masa sebelum ke sepakbola, Pele ternyata sudah sangat berkembang di olahraga Futsal, skill-skill yang menakjubkan sudah tidak diragukan lagi dalam mengolah si kulit bundar. 
Pele yang notabannya merupakan skill futsal ternyata mampu beradaptasi di olahraga sepakbola, hal ini memang sangat jelas berbeda mengenai tekniknya. Skill yang diperagakan di sepakbola oleh Pele sama seperti skill sewaktu di Futsal, akan tetapi jika skill sepakbola diperagakan di Futsal tentunya sangat berbeda. 

Dan salam pertandingan internasional pertamanya diadakan pada tahun 1965. timnas Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan yang pertama kalinya, Namun dalam Enam pertandingan turnamen kejuaraan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua turnamen tersebut di sapu bersih oleh timnas Brasil. 
Pada, kejuaraan Dunia futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982. dan berakhir dengan Brasil sebagai posisi pertama.
Brasil, menyandang juara bertahan pada kemenangannya di kejuaraan Dunia yang kedua pada tahun 1985 di Spanyol. Namun dalam ketiga kalinya kejuaraan Dunia Futsal dilaksanakan, Brasil mampu dikalahkan oleh Paraguay pada tahun 1988 di Australia.

Teknis Olahraga Futsal  

.Dalam teknisnya mempunyai perbedaan yang sangat jelas tentang olahraga sepakbola, dan sebagai berikut:

Luas Lapangan
  1. Ukuran: P 25-43 M X L 15-25 M
  2. Garis batas: garis selebar 8 CM, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang diujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan: 3 M lingkaran tengah: tak ada tembok panghalang atau papan.
  3. Daerag pinalti: busur berukuran 6 M dari masing-masing tiang gawang
  4. Titik pinalti: 6 M dari titik tengah garis gawang
  5. Titik pinalti kedua: 10 M dari titik tengah garis gawang.
  6. Zona pergantian: daerah 5 M (5M dari garis tengah lapangan) pada satu sisi tribun dari pelemparan.
  7. Gawang: tinggi 2 M X lebar 3 M
  8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata dan tak abrasif


Bola
  1. Ukuran : 4
  2. keliling: 62-64 CM
  3. Berat: 0,4 - 0,44 Kg
  4. Lambungan: 55-65 pada pantulan pertama
  5. Bahan: Kulit atau bahan yang cocok lainnya


Jumlah Pemain (per team/grup)
  1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya termasuk penjaga gawang
  2. jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cidera)
  3. jumlah pemain cadangan: maksimal 7 pemain
  4. Jumlah wasit; 2
  5. Jumlah hakim garis: 0
  6. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
  7. Metode pergantian: "pergantian melayang" (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja: pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit.
  8. Dan wasit tidak diperbolehkan menginjak arena lapangan, hanya boleh di luar garis lapangan (terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang harus memasuki lapangan)


Lama Permainan
  1. Lama normal: 2X20 menit
  2. Lama istirahat: 10 menit
  3. Lama perpanjangan waktu: 2X5 menit (bila hasil masih imbang setelah 2X20 menit waktu normal)
  4. Adu pinalti (maksimal 5 gol) jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai
  5. Time-out: 1 per tim, per babak, tak ada dalam waktu tambahan
  6. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Olahraga Futsal"