Apakah Anda Menyukainya?

Search This Blog

Menulis Itu Mudah ?


Menulis- pada dasarnya salah satu kegiatan yang tanpa sadar sudah kita lakukan setiap hari. Mulai dari pagi hingga malam, di awali dari balas pesan, update status, mencatat hutang-piutang, catatan belanja, saat belajar, bahkan hingga mager mageran di kamar dengan gadgetnya yang pastinya.

Tidak dapat di pungkiri bahwa, kegiatan ini merupakan kebutuhan spontan yang mengolah kata dan penalaran.

Semudah itukah menulis?

Jawabannya adalah iya. Sebab, dalam menulis sudah kita pelajari semenjak di bangku Sekolah Dasar (SD) bahkan semenjak masih belia pun sudah familiar dengan pensil maupun bulpoin yang di kasih oleh orang tua dan mencorat coret dinding rumah.
Kemudian dengan sendirianya kemampuan untuk menulis berkembang semakin terstruktur sesuai dengan kadar pembacaan, pemahaman, lingkungan dan rasa keinginan.

Akan tetapi, berbeda dengan halnya menulis untuk mengungkapkan opini, essay maupun sejenis lainnya baik fiksi dan non fiksi.

Lantas bagaimana jika kita pada dewasa kini di hadapkan untuk beropini lewat tulisan namun kebingungan untuk itu, terutama pada kalangan mahasiswa?

Untuk menyangga pernyataan tersebut, disini bukan untuk memberikan tips dan trik, namun bersama-sama untuk saling belajar.
Jadi, menurut penulis yang mesti kita kuatkan dalam menciptakan karya tulis adalah:

Yang pertama adalah keinginan, keinginan untuk menciptakan karya, baik itu fiksi maupun non fiksi dan mengingat bahwa karya merupakan keabadian yang tidak termakan zaman. Oleh sebab itu tekat kuat keinginan untuk menulis terus termotivasi. dan,

Yang kedua adalah membaca, dengan membaca akan mampu mengasah kata dengan keterbiasaan kata-kata ataupun kalimat yang familiar dalam bacaan kemudian mampu menuangkan dalam tulisan. Sehingga, membaca dan menulis merupakan perpaduan yang sangat klop dan tentunya itu adalah kuncinya.

Kedua hal ini merupakan gerbang pertama menurut penulis sendiri. Selebihnya pembacalah yang mampu mengoreksi dan menambahkan perihal gagasan tersebut. Dan penulis yakin bahwa pembaca jauh lebih memahami keadaan, pengetahuan, dan ilmunya.

Dengan begitu, menulis itu mudah?

Iyah mudah untuk sekedar menulis, menulis sesuai keinginannya.

Cirebon, 2019
Labels: Karya Sastra

Thanks for reading Menulis Itu Mudah ?. Please share...!

0 Komentar untuk "Menulis Itu Mudah ?"

Back To Top