-->

Apakah Anda Menyukainya?

Search This Blog

PENGERTIAN BULUTANGKIS: Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar

pixabay.com
Bulutangkis, atau badminton merupakan olahraga yang digemari oleh semua kalangan. Di Indonesia sendiri sudah sangat populer dengan olahraga yang satu itu, hal lainnya adalah bulutangkis merupakan prestasi yang membanggakan bagi Indonesia di kancah Dunia. 

Secara harfiahnya, bulutangkis merupakan permainan yang menangkis bola bulu dan secara bahasa terdapat dua kata, yakni bulu dan tangkis. Bulu yang pada dasarnya terbuat dari bulu unggas angsa  kemudian disebut dengan shuttlecock dan ditangkis dengan raket. 

Pada tujuan permainan ini adalah dengan memukul shuttlecock dengan raket sehingga melewati net atau jaring dan kemudian jatuh di lantai lawan agar terhitung sebagai poin. Serta pada permainan Bulutangkis ini setidaknya dipermainkan oleh minimal dua orang. 

Sejarah Bulutangkis.
Pada sejarah awalnya, tidak tahu pasti kapan diciptakannya. Namun banyak yang berpendapat bahwa bulutangkis ini sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu, sejak zaman mesir kuno. Adapula yang menyebutkan bahwa pada permain serupa telah ada dan diciptakan di Tiongkok dengan nama Jianzi. Berlanjut pada pendapat lainnya yang telah berkembang juga di Inggris, permainan serupa tersebut dengan Battledore and Shuttlecock. 

Bulutangkis sendiri telah masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 1930, namun dengan berjalannya waktu, perkembangan bulutangkis sendiri semakin pesat setelah merdeka yakni 1947 dan para atlet pun sudah mulai bermunculan. 

Pada 1951 mulailah terbentuk suatu badan yang menaungi Bulutangkis tersebut dengan nama Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Dan hingga sekarang, olahraga bulutangkis tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia yang telah menorehkan prestasi serta para atlet mampu bersaing dengan atlet-atlet mancanegara diseluruh belahan dunia.

Peraturan Bulutangkis
Olahraga bulu tangkis terdapat peraturan resmi yang harus dipatuhi oleh semua atlet atau pemain. Mulai dari Perlengkapan, Pemain, Penghitungan skor, maupun Pelanggaran.

1. Perlengkapan Bulu Tangkis
Untuk perlengkapan sendiri hanya terdapat dua buah alat yang akan digunakan dalam olahraga tersebut yakni Raket dan Shuttlecock.

  • Raket. 
Raket mempunyai panjang dengan maksimal 68 cm dan lebar dengan 22 cm. Selain itu panjang dari kepala raket atau area senar adalah 28 cm dengan lebar 22 cm. Raket bisa terbuat dari kayu atau aluminium dengan berat yang tak lebih dari 150 gram.
  • Kok, 
Atau disebut dengan Shuttlecock terbuat dari helai bulu unggas yang ditancapkan pada gabus berdiameter 25–28 mm. Berat standar kok adalah sekitar 4,74–5,5 gram, sedangkan untuk tinggi kok antara 64–74 mm.


2. Jumlah Pemain
  • Tunggal, yaitu satu lawan satu dan juga bisa dimainkan baik putra maupun putri.
  • Ganda, yaitu satu tim terdiri dari dua orang, baik putra maupun putri.
  • Ganda campuran, yaitu satu tim terdiri dari 2 orang, dengan 1 putra dan 1 putri..
3. Penghitungan Skor
Pada penghitungan kemenangan di olahraga ini menggunakan sistem best of three (pemenang dengan dua babak). Jadi, permainan badminton bisa berlangsung sebanyak 2–3 babak. Namun jika ada pemain yang memenangkan dua set berturut-turut, maka pada babak ketiga tidak perlu dilakukan pertandingan
Di tiap set-nya, pemenang adalah pemain yang berhasil mengumpulkan poin 21 lebih dulu. Apabila terjadi kedudukan imbang di skor 20-20 (yus), pertandingan akan dilanjutkan sampai salah satu tim unggul dengan selisih dua poin.
4. Pelanggaran:
  • Kok/shuttlecockyang menyangkut di net.
  • Raket menyentuh net pada saat memukul kok.
  • Saat melakukan pukulan, raket melewati net dan masuk ke area tim lawan.
  • Kok sudah dipukul tetapi jatuh di area sendiri (tidak berhasil melewati net).
  • Saat menerima servis, pemain sudah bergerak dulu sebelum kok berhasil dipukul/servis.
  • Saat melakukan/menerima servis, pemain menginjak garis batas pada lapangan.
  • Kok jatuh di luar lapangan atau lewat di bawah net.
  • Kok dipukul dua kali, baik oleh satu maupun dua pemain dalam satu tim.
  • Pemain dengan sengaja mengulur-ulur waktu pertandingan.
  • Pemain secara sengaja melakukan hal yang mengganggu tim lawan saat pertandingan  berlangsung.
Labels: Olahraga

Thanks for reading PENGERTIAN BULUTANGKIS: Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar. Please share...!

0 Komentar untuk "PENGERTIAN BULUTANGKIS: Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar"

Back To Top