-->

Apakah Anda Menyukainya?

Search This Blog

Pentingnya Pelatih Memahami Psikologis Olahraga Pada Atlit


Pict a by: https://www.golife.id/sport-psychology/

Pengantar
Dalam dunia olahraga tidak terlepas akan sosok seorang pelatih didalamnya. Seorang atlit dengan bakat bawaannya merupakan modal dasar lahirnya sang juara. Kemudian, hal tersebut merupakan kesinambungan suatu program terlahirnya atlit-atlit yang berprestasi di dunia olahraga.
Tentunya, pada masa sekarang dalam olahraga ini telah melibatkan para ilmuwan dari berbagai spesialis disiplin ilmu untuk terjun dalam kondisi dunia olahraga. Baik secara fisik seperti teknik, strategi dan lain sebaginya, maupun non fisik, seperti halnya akan psikologis para atlit.
Dengan demikian pentingnya memahami kondisi atlit-atlit sangat perlu bagi pelatih untuk memaksimalkan bidang olahraganya dan mampu melahirkan sang juara disetiap pertandingannya. Seperti halnya psikologis atlit yang perlu di maksimalkan bagi seorang pelatih, sebab dalam kondisi psikologis inilah ujung tombak bagi atlit untuk menunjukkan berhasil atau tidaknya pada saat pertandingan.

Tujuan
Dalam psikologis olahraga dengan jelas bahwa tujuannya adalah membantu atlit agar bisa mengoptimalkan pertandingan yang lebih baik dari sebelumnya.

Masalah - masalah
Ada beberapa kasus umum yang sering kita jumpai dalam pertandingan olahraga, seperti atlit yang tiba-tiba tidak percaya diri pada saat pertandingan, padahal jauh sebelumnya ketika berlatih telah menunjukan bakat ataupun skillnya yang jauh diatas rata-rata. Hal semacam inilah yang perlu diperhatikan bagi pelatih untuk peka terhadap kondisi atlit tersebut. Pelatih diharuskan mengambil langkah bagaimana mengatasi kondisi tersebut, serta pelatih mampu memberikan rangsangan positif bagi atlit supaya kembali menikmati jalannya pertandingan seperti biasanya dan tentunya sesuai dengan strategi atau instruksi yang pelatih berikan.
Contoh kasus tersebut bisa saja meningkatnya stres dalam pertandingan dapat menyebabkan atlit bereaksi secara negative. Sehingga kemampuan dalam olahraga di pertandinganpun menurun. Hal lainnya lagi adalah para atlit dapat juga menjadi tegang, berkeringat dingin, cemas, sulit konsentrasi dan sebagainya sehingga keadaan tersebut menyebabkan para atlit tidak dapat menampilkan permainan yang terbaiknya.


Penanganan
                Ada dua cara yang perlu diperhatikan bagi pelatih untuk menangani hal semacam kasus diatas tadi. Yakni dengan penanganan pendekatan pribadi dan penanganan psikotes.
a.       Penanganan pribadi
Yakni seorang atlit harus dipandang secara individual oleh pelatih dan berbeda dengan atlit-atlit lainnya. Maksudnya adalah, pelatih diharuskan memberikan penjelasan khusus untuk atlit, bahwa setiap seorang atlit itu tidaklah sama dan tentunya mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
b.      Penanganan Psikotes
Yaitu seorang atlit dapat dilakukan dengan pemeriksaan psikologis atau sering juga dikenal dengan “psikotes” dan tentunya diperuntuhkan juga dengan bantuan psikometri.

Aspek-aspek Psikologis Olahraga
                Ada beberapa aspek yang dapat mempengaruhi dalam olahraga yaitu:
·         Berfikir positif
·         Menetapkan sasaran
·         Memotivasi
·         Emosi
·         Kecemasan dan ketegangan
·         Kepercayaan diri
·         Komunikasi
·         Konsentrasi
·         Evaluasi diri
Dengan aspek-aspek inilah yang perlu dipahami oleh pelatih untuk memperhatikan para atlinya supaya mampu mengoptimalkan bakat-bakat alami pada diri seorang atlit demi memberikan kemenangan disetiap pertandingan dan melahirkan sang juara.

Labels: Olahraga, Opini

Thanks for reading Pentingnya Pelatih Memahami Psikologis Olahraga Pada Atlit. Please share...!

0 Komentar untuk "Pentingnya Pelatih Memahami Psikologis Olahraga Pada Atlit"

Back To Top