Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

 

Reff: https://pixabay.com/

Olahraga merupakan aktivitas tubuh yang dilakukan oleh setiap manusia berupa melatih tubuh baik jasmani maupun rohani. Menurut wikipedia.com arti olahraga adalah aktivitas untuk berlatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani (misalkan catur). Menurut undang-undang ketentuan pokok olahraga tahun 1997 pasal 1, kata olahraga yaitu semua kegiatan jasmani yang dilandasi semangat untuk melelahkan diri sendiri maupun orang lain, yang dilaksanakan secara ksatria sehingga olahraga merupakan sarana menuju peningkatan kualiatas dan ekpresi hidup yang lebih luhur bersama sesame manusia.

Pada umumnya olahraga berfungi untuk menyehatkan tubuh dan memastikan bahwa tubuh tetap bugar, sehingga olahraga adalah bentuk aktivitas yang sangat penting untuk menjaga stabilitas kesehatan.

Akan tetapi dalam melakukan olahraga perlu adanya pemanasan atau disebut juga dengan Stretching. Hal ini berguna bagi tubuh dalam merespon aktivitas tubuh dalam melakukan olahraga baik dalam olahraga ringan maupun berat yang membuat masa otot bekerja lebih maksimal. Bagi sebagian orang, pemanasan belum benar-benar mengetahui manfaat pemanasan yang sesungguhnya sehingga pemanasan tersebut hanya sekedar bergerak dan peregangan yang asal-asalan.

Tahu kah anda? Bahwa pemanasan yang baik adalah pemanasan dengan tempo ringan dan meningkat dengan jangka waktu 5 – 15 menit. Hal tersebut untuk menghindari risiko fatal berupa cidera ketika melakukan olahraga. Selain itu, manfaat lainnya masih belum kita sadari apa saja itu.

Demikian berikut ini manfaat yang akan kita terima dalam melakukan pemanasan sebelum olahraga:

1.      Meningkatkan Kelenturan

Sebelum olahraga pemanasan sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga kelenturan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan adanya volume masa otot yang tinggi dalam berolahraga sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika digerakkan. Dalam pemanasan rasa nyeri tersebut bisa diatasi dengan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga.

2.      Melancarkan Pernapasan

Pernapasan merupakan hal terpenting dalam aktivitas. Dengan pola pernapasan yang baik saat pemanasan, maka ketika melakukan olahraga inti akan menjadi lebih stabil.

3.      Mengurangi Stress

Dalam melakukan pemanasan dan dilakukan secara lebih lama, maka dipercaya dapat meningkatkan mood seseorang dalam berolahraga. Hal ini dikarenakan relaksasi yang didapatkan oleh aliran darah dan oksigen lancer, sehinggarasa stress akan hilang.

4.      Mengurangi Risiko Cidera

Manfaat berikutnya yaitu akan membantu untuk memasok pasokan nutrisi yang lebih besar ke otot. Hal ini akan mengurangi nyeri otot dan membantu mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi ketika berolahraga.

5.      Menstabilkan Detak Jantung

Pernahkah kamu merasakan detak jantung semakin berdegup kencang saat berolahraga? Tentu saja hal tersebut adalah hal yang biasa. Namun, walau termasuk hal yang biasa, tidak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, irama detak jantung yang terlalu cepat bisa memberikan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur dengan baik.

6.      Meningkatkan Stamina

Pemanasan akan mengendurkan otot dan tendon kamu yang akhirnya akan bermanfaat untuk mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan aliran darah. Semakin lama kamu berolahraga semakin banyak energi yang kamu bakar, biasanya akan menyebabkan lelah. Melakukan pemanasan terlebih dahulu akan menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah kamu sehingga meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

7.      Meningkatkan Sirkulasi Darah 

    Meningkatkan aliran darah ke otot tidak hanya akan membantu mengurangi rasa sakit sebelum olahraga dan memepersingkat waktu pemulihan, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan.

    Sirkulasi darah yang lebih besar dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh kamu. Selain itu, denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja dengan keras dan tekanan darah akan menjadii lebih merata dan konsisten.

8.      Tingkat Kinerja Atletik

Kalau otot kamu sudah mengalami kontraksi karena belum meregang, maka mereka akan kurang efektif selama latihan. Pemanasan sebelum lari secara teratur akan mengendurkan semua otot kamu dan karena itu memungkinkan mereka untuk lebih siap selama latihan.

9.      Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat pemanasan sebelum latihan akan memberi waktu otot kamu untuk rileks. Peningkatan aliran darah akan meningkatkan pasokan nutrisi ke otot dan mengurangi rasa sakit di otot kamu setelah latihan.

10.  Mengurangi Kolesterol

Dipasangkan dengan diet sehat, manfaat pemanasan sebelum olahraga yang berkepanjangan dapat membantu untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan arteri sehingga membantu kamu menghindari penyakit jantung.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga"