10 Tips Keamanan untuk Jogging di Malam Hari

www.id.depositphotos.com
 Aktivitas yang padat dan waktu siang hari yang terbatas, beberapa pelari menemukan satu-satunya waktu mereka untuk berjogging  adalah di malam hari atau sore hari. Jogging  di siang hari merupakan pilihan yang lebih aman dibandingkan dengan jogging di malam hari yang memungkinkan kecelakaan di lalu lintas. Tetapi jika jogging hanya bisa dilakukan pada malam hari  adalah satu-satunya waktu Anda harus berolahraga, ada beberapa tips keselamatan yang perlu dipertimbangkan. Pastikan untuk mengikuti panduan ini agar tetap aman saat Anda jogging di malam hari:

 

1. Jogging melawan arah kendaraan

Lebih mudah untuk menghindari mobil atau motort, jika Anda bisa melihatnyadari depan. Sehingga, dapat menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas, misalnya terserempet oleh mobil dikarenakan Anda terlalu ketengah. Serta hindari jalan yang sibuk dan jalan yang tidak memiliki bahu jalan atau trotoar.

 

2.       2. Pilih Rute yang Cukup Terang

Ini mungkin bukan rute favorit Anda untuk berlari, tetapi rute yang paling terang adalah pilihan teraman Anda dalam kegelapan. Mobil yang melaju melihat Anda lebih baik, dan Anda akan selalu dapat melihat jalan untuk menghindari potensi bahaya.

 

3.       3. Terlihat Terang Saat Anda Berlari di Malam Hari

Jika Anda berlari di pagi hari atau malam hari, bahkan saat senja, kenakan pakaian putih, kuning, atau oranye. Juga, pastikan Anda mengenakan perlengkapan reflektif. Meskipun beberapa item (seperti sepatu lari dan jaket) sudah memiliki reflektif, tidak ada salahnya untuk menambahkan lebih banyak. Lampu depan juga membantu Anda melihat dan terlihat dalam gelap.

 

4.       4. Memiliki ID(KTP) dengan Anda

Taruh SIM Anda di saku Anda atau kenakan tanda pengenal di sepatu Anda. Pertimbangkan untuk berlari dengan tag Road iD yang memuat informasi kontak darurat Anda.

 

5.       5. Variasikan Rute dan Waktu Anda

Penyerang potensial dapat mempelajari rutinitas pelari dan bergerak di area yang sangat gelap atau terisolasi. Jangan menjadikan diri Anda sasaran empuk dengan selalu menjalankan rute yang sama di waktu yang sama. Jadilah tak terduga.

 

6.       6. Jalankan Dengan Teman

Ada kekuatan dan keamanan dalam jumlah. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak berlari sendirian, terutama saat di luar gelap. Carilah kelompok lari yang berjalan di malam hari atau dini hari, jika itu sesuai dengan jadwal Anda. Jika Anda harus berlari sendiri (siang atau malam), beri tahu seseorang rute yang akan Anda tempuh dan kira-kira berapa lama Anda akan pergi.

 

7.       7. Membawa Ponsel

Anda akan dapat segera menghubungi polisi jika sesuatu terjadi pada Anda atau Anda melihat sesuatu yang tidak biasa. Tempat ponsel khusus yang dirancang untuk pelari memudahkan Anda membawa ponsel tanpa mengganggu lari Anda.

 

8.       8. Hati-hati dengan Sepeda dan Pelari Lainnya

Bahkan jika Anda berlari di jalan setapak atau di taman tanpa mobil, selalu waspada terhadap pelari dan pengendara sepeda lainnya. Sebelum Anda berhenti atau berbelok, pastikan jalur Anda bersih. Nasihat ini berlaku untuk berlari di siang dan malam hari.

 

9.       9. Singkirkan Musik Anda

Hindari memakai headphone saat berlari di luar ruangan di malam hari. Memotong indera pendengaran Anda membuat Anda berada pada posisi yang kurang menguntungkan. Anda tidak dapat mendengar mobil mendekat, pengendara sepeda mendekat untuk melewati Anda, anjing, atau ancaman potensial lainnya.

Jika Anda benar-benar harus berlari dengan musik atau gangguan lainnya, pertahankan volume sangat rendah atau jalankan dengan satu earbud agar Anda tetap dapat mendengar apa yang terjadi di sekitar Anda.

 

1110. Ikuti Insting Anda

Jika Anda merasa memasuki situasi yang tidak aman, percayalah pada naluri Anda dan larilah ke lokasi yang aman. Hubungi polisi jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan.

 

·         Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Lari Larut Malam Buruk untuk Kesehatan Anda?

Berlari kapan saja sepanjang hari dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, selama Anda tidak melakukannya secara berlebihan dan mengikuti semua tindakan pencegahan keselamatan. Meskipun tidak ada cukup bukti untuk memvalidasi bahwa berlari larut malam itu buruk bagi Anda atau dapat mengganggu tidur Anda, beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga larut malam yang kuat dapat menyebabkan peningkatan detak jantung selama beberapa jam pertama tidur.

 

·         Apakah Berlari di Malam Hari Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Jika penurunan berat badan adalah tujuan Anda, maka penting untuk konsisten dengan jadwal lari Anda, baik lari pagi, siang, atau malam. Meskipun Anda dapat menuai manfaat dari berlari terlepas dari jam berapa Anda berolahraga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas kardiovaskular di malam hari dapat meningkatkan detak jantung dan kadar laktat darah. Penelitian lain menunjukkan peningkatan output subjek dan kinerja keseluruhan di malam hari dibandingkan dengan berolahraga di pagi hari

 

Berlari dalam gelap seharusnya menjadi waktu untuk menikmati latihan Anda dan bukan situasi yang membuat stres tentang keselamatan Anda. Itulah mengapa penting untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk memastikan Anda berolahraga dengan aman sehingga Anda dapat menurunkan risiko insiden atau cedera yang tidak menguntungkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Keamanan untuk Jogging di Malam Hari"