Inilah 7 Manfaat Kopi Yang Baik untuk Kesehatan

Bendera Pojok -  Kopi? Siapa yang tidak kenal jenis minuman peredah kantuk yang terbuat dari biji buah kopi tersebut. Namun tahukah anda, bahwa kopi memiliki banyak kasiat di balik rasa pahitnya? Simak yah ulasannya seputar kandungan kasiat di dalam kopi berikut ini:

Foto: https://pixabay.com/id/photos/kopi-kafe-cangkir-panas-minum-1149983/

Kandungan gizi kopi

Sebelum mengupas lebih lanjut soal manfaat kopi, perlu kita ketahui bahwa kopi diyakini dapat menambah energi saat memulai aktivitas. Berikut ini nutrisi di dalam 100 gram (g) kopi bubuk instan atau sachetan yaitu:

  • Air: 2,5 g
  • Energi: 129 kalori (Kal)
  • Protein: 12,3 g
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat (CHO): 35,0 g
  • Abu (ASH): 9,7 g
  • Kalsium (Ca): 179 miligram (mg)
  • Fosfor (P): 383 mg
  • Besi (Fe): 5,6 mg
  • Natrium (Na): 72 mg
  • Kalium (K): 3,256 mg
  • Tembaga (Cu): 0,14 mg
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,21 mg
  • Niasin (Niacin): 30,6 mg
Selain itu disamping karbohidrat, protein dan sedikit lemak, kopi juga mempunyai kandungan kafein, magnesium serta bahan kimia tumbuhan. 
Bahan kimia tersebut meliputi polifenol yaitu mengandung asam klorogenat dan asam kuinat, serta kandungan diterpen yaitu mengandung kafestol dan kahweol.

Manfaat kopi untuk kesehatan

Nah, inilah yang perlu kita ulas perihal manfaat kopi bagi kesehatan.
Kopi sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi merupakan minuman stimulun yang mengandung kafein. Kandungan tersebut mampu meningkatkan energi, suasana hati, fungsi otak serta kewaspadan.

Akan tetapi perlu juga Anda ketahui bahwa pada minuman kopi tersebut untuk mengetahui manfaatnya perlulah diminum sesuai dengan kebutuhan, jika terlalu sering atau bahkan berlebihan tentunya akan tidak baik untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan jantung

Menurut situs Harvard School of Public Health, minum kopi secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan memungkinkan dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. 

Hal ini dibuktikan dalam penelitian tersebut, bahwa minum kopi 4 atau lebih secangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% resiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

2. Mempertahankan berat badan

Studi yang di publikasikan di European Journal of Clinical Nutrition membandingkan frekuensi minum kopi antara individu yang menginginkan menurunkan berat badan dengan yang tidak. Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan telah meminum lebih banyak kopi atau minuman yang berkafein daripada mereka yang tidak meminum kopi.

Sehingga mengkonsumsi minuman kopi memungkinkan dapat mendukung pemeliharaan penurunan berat badan.

3. Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Menurut Mayo Clinic menyatakan bahwa terdapat studi yang membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi dapat menurunkan resiko terkena dibetes tipe 2.

Akan tetapi jika Anda sudah mengidap dibetes, kafein pada kopi beresiko mempengaruhi kadar gula, baik kadar gula darah tersebut menjadi tinggi atau lebih rendah. 

Sehingga, untuk lebih baiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter jika ingin mengkonsumsi kopi dalam keadaan memiliki diabetes.

4. Menjaga kesehatan otak

Kandungan kafein pada kopi memiliki dampak positif pada otak, yaitu meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati serta mengurangi depresi. Selain itu, dalam jurnal Practical Neurology menyebutkan bahwa konsumsi kopi mampu mencegah penurunan fungsi kognitif otak penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Maksudnya adalah, kandungan kafein pada kopi setiap hari cukup aman untuk memasukkan ke dalam program diet yang seimbang dan sehat.

5. Menjaga kesehatan organ hati

Manfaat kopi berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan organ hati. Menurut Joutnal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa asupan kopi dapat mengurangi jumlah lemak pada hati. 

Jurnal tersebut menyebutkan bahwa studi pada hewan menunjukkan kandungan kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati. 

Akan tetapi, penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan untuk membuktikannya, bahwa seberapa efektif kopi dapat membantu mengobati penyakit hati yang kronis.

6. Mengurangi resiko kanker

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa mengkonsumsi kopi mampu mengurangi resiko kanker. Hal ini, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat menggangu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

American Cancer Society menyebutkan bahwa terdapat penlitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi kopi memungkinkan dapat menurunkan jenis kanker, seperti:
  • Kanker prostat
  • Kanker hati
  • Kanker endometrium, dan
  • beberapa kanker mulut dan tenggorokan.

7. Mengurangi resiko batu empedu

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi disebut dapat membantu mencegah pembentukan batu empedu,  hal ini dikarenakan kandungan kopi dapat mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan kristal atau batu di kantung empedu.

Kandungan tersebut mampu merangsang kontraksi di kantung empedu dan meningkatkan aliran empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di dalam sana.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam kandungan kopi yang baik untuk kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 7 Manfaat Kopi Yang Baik untuk Kesehatan"