Inilah 8 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Bendera Pojok - Pisang? sudah familiar bukan buah yang satu ini. Buah pisang telah menjadi salah satu buah yang umum di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah tersebut dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti negara kita, Indonesia.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah pisang dibalik rasanya yang manis ternyata mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang luar biasa dari pisang bisa dengan mudah Anda temukan dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Dalam kandungannya buah pisang mengandung nutrisi yang meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium dan magnesium.

Sumber: https://pixabay.com/

Inilah 8 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh

Sangat disayangkan bukan, dengan berbagai kandungan nutrisi di dalam buah pisang yang baik bagi kesehatan tubuh bila di lewatkan. Simak ulasannya:

1. Sebagai Sumber Energi

Nutrisi di dalam buah pisang terdapat 27 gram karbohidrat. Yang dimana karbohidrat tersebut akan di pecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Selain itu nutrisi buah pisang terdapat glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan pada otot serta hati dan dapat menjadi energi selama beraktivitas. 

2. Mencegah Kerusakan Sel dan Jaringan Tubuh

Kandungan senyawa antioksidan di dalam buah pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga kandungan tersebut mampu menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Prebiotik merupakan senyawa pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. 

Dalam kandungan nutrisi buah pisang terdapat sumber prebiotik, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna seperti usus. Bahkan sebuah studi menunjukkan prebiotik dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri, virus dan parasit atau reksi tubuh akibat mengkonsumsi antibiotik.

4. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kalium dipercaya dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak dan menjaga kestabilan detak jantung serta menurunkan tekanan darah. Buah pisang juga diketahui mampu mengurangi risiko penyakit stroke.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, buah pisang juga dapat mengurangi penyakit ginjal. Hal ini terdapatrnya kandungan kalium di dalam buah pisang yang berfungsi adanya penyakit batu ginjal. 

6. Meredakan Tukak Lambung

Lendiri di dalam lambung sangat baik untuk lambung, hal ini dapat mencegah tukak lambung. Sehingga, buah pisang dapat memicu peningkatan lendiri di lambung. Selain itu, antasida alami dalam buah pisang mampu menetralkan asam lambung yang bisa mengatasi nyeri akibat maag. 

7. Menurunkan Berat Badan

Kandungan tinggi serat pada buah pisang dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama dan dapat menahan nafsu makan, sehingga bagi sebagian orang yang menginginkan diet sangat baik mengkonsumsi buah pisang dan Anda pun tidak makan secara berlebihan.

8. Mengurangi Mual Saat Hamil

Kandungan vitami B6 yang dapat mengurangi rasa mual saat hamil. Selain itu kandungan kaliumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Sehingga buah pisang sangat baik untuk di konsumsi bagi ibu hamil yang mengalami keseringan mual dan muntah.

Itulah 8 manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita. Sehingga pisang merupakan buah yang aman untuk di konsumsi oleh semua kalangan, selain rasanya yang manis pisang juga ternyata banyak manfaatnya. 



Referensi: 
www.pixabay.com
www.alodokter.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Probiotik 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 8 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh"